4 Terobosan untuk Tingkatkan Angka Vaksinasi COVID-19 di Daerah

Angka Vaksinasi COVID-19 masih perlu digenjot oleh Pemerintah Daerah.

Setidaknya per 24 Desember 2021 masih ada 14 Provinsi dengan cakupan Vaksinasi Dosis 1 di bawah 70%, yakni provinsi Sumsel, NTT, Sulsel, Sumbar, Kalsel, Kalbar, Sulteng, Sultra, Sulbar, Maluku Utara, Maluku, Aceh, Papua Barat, dan Papua.

Di sisi lain, baru ada 4 Provinsi dengan cakupan Vaksinasi Dosis 2 di atas 70%, yakni DKI Jakarta, Bali, DIY, dan Kepulauan Riau.

Pemerintah daerah yang cakupan vaksinasinya masih rendah bisa meniru terobosan pelaksanaan vaksin berbasis banjar (kampung) yang dilakukan di Bali, atau vaksinasi berbasis Rukun Warga (RW) yang dilakukan di DKI Jakarta. Keduanya melibatkan tokoh publik dan masyarakat untuk mendorong pelaksanaan vaksinasinya.

Atau dengan membuat sentra vaksinasi yang mudah di jangkau di daerah tersebut, walau harus sigap mengantisipasi tantangan seperti lansia yang mungkin terhambat untuk bisa mencapai lokasinya, ataupun potensi kerumunan yang mungkin terjadi.

Atau, cara lainnya adalah dengan vaksinasi mobile yang langsung "jemput bola", alias vaksinatornya langsung mendatangi masyarakat yang belum mendapat vaksin COVID-19.

Kalau di sekitarmu, apakah ada terobosan pelaksanaan vaksinasi yang bisa ditiru?

Untuk informasi terkait COVID-19 kunjungi situs resmi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional https://covid19.go.id dan https://s.id/infovaksin

#IndonesiaBangkit #SEMUAWAJIBPAKAIMASKER

Detail:

  • Tipe: Image
  • Format: JPEG/PNG
  • Jumlah File: 4

Bagikan

Info Penting