[SALAH] Lonjakan HIV di Militer Amerika Serikat Sejak Vaksin Covid-19 | Covid19.go.id
Hoax Buster
[SALAH] Lonjakan HIV di Militer Amerika Serikat Sejak Vaksin Covid-19

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya tidak ada sumber berita valid terkait kabar tersebut, klaim lonjakan HIV sejak peluncuran vaksin Covid-19 adalah hoaks lama yang pernah beredar sejak 2022 namun divariasi dengan mengaitkan kemiliteran Amerika Serikat. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Instagram

https://perma.cc/EC9W-5E98

= = =

Narasi:

“BREAKING: U.S. military is now testing soldiers for AIDS, after DOD database reports 500% increase in HIV since the COVID vaccine rollout.”

Terjemahan:

“BREAKING: Militer AS sekarang menguji tentara untuk AIDS, setelah database DOD melaporkan peningkatan HIV sebesar 500% sejak peluncuran vaksin COVID.”

= = =

Penjelasan:

Beredar informasi yang mengklaim bahwa Militer Amerika Serikat sedang menguji penyakit AIDS pada pasukan tentaranya dan database DoD (Departemen of Defense) menyebut bahwa peningkatan HIV sebesar 500% sejak peluncuran vaksin Covid-19.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya juru bicara DoD membantah bahwa klaim tersebut salah serta menyebut bahwa  klaim tersebut adalah variasi dari narasi hoaks yang sudah lama beredar sejak 2022 yang menghubungkan kasus lonjakan HIV dengan vaksinasi Covid-19.

Dengan demikian, lonjakan HIV di militer Amerika Serikat sejak Vaksin Covid-19 adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.reuters.com/article/factcheck-military-hiv/fact-check-false-claim-resurfaces-of-hiv-spike-in-us-military-tied-to-covid-vaccines-idUSL1N37L2DG

===

The post [SALAH] Lonjakan HIV di Militer Amerika Serikat Sejak Vaksin Covid-19 appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting