[SALAH] Sindrom Stiff-Person yang Diderita Penyanyi Celine Dion Disebabkan Vaksin Pfizer | Covid19.go.id
Vaksin
[SALAH] Sindrom Stiff-Person yang Diderita Penyanyi Celine Dion Disebabkan Vaksin Pfizer

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut salah, faktanya tidak terdapat bukti yang menunjukkan penyakit Sindrom Stiff-Person disebabkan penggunaan vaksin Pfizer sebagai vaksin Covid-19. Kabar yang menyesatkan ini dikaitkan dengan penyakit Stiff-Person yang diderita penyanyi Celie Dion. Selengkapnya di bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://archive.md/1iZ0V

= = =

Narasi:

“Celine Dion was diagnosed with stiff-person syndrome. It’s a neurological disorder with features of an autoimmune disease. Over the past year she started to experience debilitating symptoms which surely couldn’t have been brought on by multiple jabs. And here is the side effect “stiff person syndrome” listed on Pfizer’s list of side effects they wanted to hide from the public for 70+ years. @celinedion do you see this?? Will you speak out about it? Don’t you want to save others from this same fate?”

Terjemahan:

“Celine Dion didiagnosis dengan sindrom orang kaku. Ini adalah gangguan neurologis dengan fitur penyakit autoimun. Selama setahun terakhir dia mulai mengalami gejala yang melemahkan yang tentunya tidak mungkin disebabkan oleh banyak suntikan. Dan inilah efek samping “sindrom orang kaku” yang terdaftar di daftar efek samping Pfizer yang ingin mereka sembunyikan dari publik selama 70+ tahun. @Celine Dion apakah kamu melihat ini?? Apakah Anda akan membicarakannya? Apakah Anda tidak ingin menyelamatkan orang lain dari nasib yang sama?”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah unggahan di Twitter yang menunjukkan daftar dampak penyakit yang ditimbulkan setelah melakukan vaksinasi Covid-19 dengan menggunakan vaksin Pfizer, unggahan tersebut mengklaim bahwa penyakit sindrom Stiff-Person yang dialami Celine Dion merupakan dampak dari pemberian vaksin Pfizer dalam melakukan vaksinasi Covid-19.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya, klaim mengenai penyakit Sindrom Stiff-Person yang disebabkan oleh vaksinasi Covid-19 merupakan klaim yang ‘tidak masuk akal secara ilmiah’. Hasil penelusuran oleh AFP menunjukkan dokumen yang dimiliki oleh Pfizer bukan dokumen yang menunjukkan efek samping yang dimiliki setelah melakukan vaksinasi Covid-19 dan belum memiliki hubungan sebab akibat yang berarti.

Melalui AFP Wakil Kepala Pusat Farmakovigilans Regional Burgundy mengatakan bahwa Sindrom Stiff-Person bukan salah satu dari efek samping yang dilaporkan pasca penyuntikan vaksin Pfizer. Selain itu, Dalam catatan medis yang dimiliki Celine Dion disampaikan bahwa, dirinya sudah mengalami gejala kesehatan tersebut jauh sebelum Covid-19 muncul.

Dengan demikian, Sindrom Stiff-Person yang diderita penyanyi Celine Dion disebabkan vaksin Pfizer merupakan hoax dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.333Y8V4

https://www.reuters.com/article/factcheck-celine-syndrome-idUSL1N3331WP

===

Editor: Bentang Febrylian

The post [SALAH] Sindrom Stiff-Person yang Diderita Penyanyi Celine Dion Disebabkan Vaksin Pfizer appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting