[SALAH] Covid-19 Subvarian XBB berbeda, mematikan dan tidak mudah terdeteksi dengan baik | Covid19.go.id
Hoax Buster
[SALAH] Covid-19 Subvarian XBB berbeda, mematikan dan tidak mudah terdeteksi dengan baik

Hasil periksa fakta Riza Dwi (Anggota Tim Kalimasada) 

Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. M. Syahril mengatakan meski varian baru XBB cepat menular, namun fatalitasnya tidak lebih parah dari varian Omicron.

=====
KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====
NARASI:
“berita singapura!
Semua orang disarankan memakai masker karena virus corona varian baru COVID-Omicron XBB berbeda, mematikan dan tidak mudah terdeteksi dengan baik:-
Gejala virus novel COVID-Omicron XBB adalah sebagai berikut:-

  1. Tidak batuk.
  2. Tidak ada demam.
    Hanya akan ada banyak :-
  3. Nyeri sendi.
  4. Sakit kepala.
  5. Sakit leher.
  6. Sakit punggung bagian atas.
  7. Pneumonia.
  8. Umumnya tidak nafsu makan.
    Tentu saja, COVID-Omicron XBB 5 kali lebih beracun daripada varian Delta dan memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi daripada Delta.
    Dibutuhkan waktu yang lebih singkat untuk kondisi mencapai tingkat keparahan yang ekstrim, dan kadang-kadang tidak ada gejala yang jelas.
    Mari lebih berhati-hati!
    Jenis virus ini tidak ditemukan di daerah nasofaring, dan secara langsung mempengaruhi paru-paru, “jendela”, untuk waktu yang relatif singkat.”
    (Narasi Lanjutan di bagian REFERENSI)

=====
SUMBER: Whatsapp

=====
PENJELASAN:
Beredar melalui pesan berantai informasi tentang Covid-19 Subvarian XBB yang telah terdeteksi di Indonesia adalah varian mematikan dan tidak bisa terdeteksi.

Mengutip dari laman sehatnegeriku.kemkes.go.id , Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. M. Syahril menyampaikan bahwa ada gejala seperti batuk, pilek dan demam. Pasien pertama Covid-19 Subvarian XBB dari Lombok Nusa Tenggara Timur tersebut melakukan pemeriksaan dan dinyatakan positif pada 26 September. Setelah menjalani isolasi, pasien telah dinyatakan sembuh pada 3 Oktober. Jubir Syahril menambahkan meski varian baru XBB cepat menular, namun fatalitasnya tidak lebih parah dari varian Omicron.

Dilansir dari liputan6.com Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dr. Reisa Broto Asmoro. Ia menyampaikan vaksin covid-19 masih efektif menghadapi gejala berat dari varian XBB. Penjelasan yang senada juga disampaikan oleh Ketua Satgas Covid-19 IDI, Erlina Burhan, menurutnya gejala yang ditimbulkan oleh subvarian XBB cenderung mirip dengan gejala COVID-19 varian Omicron secara umum. Sejauh ini, lanjut Erlina, belum ada laporan resmi yang mengatakan bahwa XBB menyebabkan COVID-19 dengan gejala yang lebih berat.

Menurut Jubir Satgas Covid-19 RS UNS Solo, dr Tonang Dwi Ardyanto melalui akun Facebook pribadinya, XBB tetap dapat dideteksi di nasofaring, jadi tidak benar bahwa langsung masuk ke paru-paru. Maka XBB tetap dapat dideteksi seperti juga cara mendeteksi varian lainnya. Jadi tes PCR dan Antigen yang ada saat ini, mampu mendeteksinya. Dua pekan terakhir, laporan positivitas memang meningkat. Walau jumlah kesakitan dan kematian tetap masih rendah.

“XBB TIDAK lebih ganas dibandingkan delta, karena ini adalah sub-varian Omicron. Jadi tidak benar juga bahwa XBB lebih ganas daripada gelombang pertama covid.” tambah Tonang.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim terkait Covid-19 Subvarian XBB yang mematikan dan tidak mudah dideteksi adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

=====
REFERENSI:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5115383/cek-fakta-tidak-benar-covid-19-subvarian-xbb-5-kali-lebih-beracun-dan-mematikan-daripada-varian-delta

https://www.facebook.com/tonang.ardyanto/posts/pfbid0QVL6jYuQc6WWQJwUpBa3gV6Dc2CW6zm9kVWJDJ6VmWdKkEtXQeZ9tmM2WhJxqho4l

Lanjutan NARASI:
“Beberapa pasien yang didiagnosis dengan Covid Omicron XBB akhirnya diklasifikasikan sebagai tidak demam dan tidak sakit, tetapi rontgen menunjukkan pneumonia dada ringan.
Tes usap hidung umumnya negatif untuk COVID-Omicron XBB, dan kasus negatif palsu dari tes nasofaring meningkat.
Artinya, virus tersebut dapat menyebar di masyarakat dan langsung menginfeksi paru-paru, sehingga menyebabkan pneumonia virus, yang pada gilirannya menyebabkan stres pernapasan akut.
Ini menjelaskan mengapa Covid-Omicron XBB menjadi sangat menular, sangat ganas, dan mematikan.
Harap diperhatikan, hindari tempat keramaian, jaga jarak 1,5m meski di tempat terbuka, pakai masker dua lapis, pakai masker yang sesuai, dan sering cuci tangan saat tidak menunjukkan gejala (tidak batuk atau bersin).
“Gelombang” Covid Omicron ini lebih mematikan dari gelombang pertama Covid-19. Jadi kita harus sangat berhati-hati dan mengambil berbagai tindakan pencegahan virus corona yang ditingkatkan.
Juga menjaga komunikasi waspada dengan teman dan keluarga.
Jangan simpan informasi ini untuk diri sendiri, bagikan sebanyak mungkin dengan kerabat dan teman lain, terutama milik Anda.”

The post [SALAH] Covid-19 Subvarian XBB berbeda, mematikan dan tidak mudah terdeteksi dengan baik appeared first on [TurnBackHoax].

Info Penting