Vaksin
Masyarakat Diingatkan Segera Lengkapi Vaksinasi Sebagai Perlindungan Diri

JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat agar segera melengkapi diri dengan vaksin dosis kedua maupun booster. Khususnya, bagi lansia dan penderita komorbid. 

Karena, data pada 3 rumah sakit besar nasional di Indonesia menunjukkan bahwa lansia dengan komorbid diabetes melitus, hipertensi, dan gagal ginjal mendominasi pasien COVID-19 yang meninggal. 

"Jangan khawatir dengan kualitas vaksin yang ada karena pemerintah menjamin bahwa dosis yang diberikan adalah dosis yang terbukti aman, efektif, dan bermutu," dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (15/3/2022) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Disamping itu, apresiasi diberikan pada sejumlah daerah yang berhasil menurunkan level dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). "Saya apresiasi berbagai daerah yang mampu menurunkan levelnya, semoga terus konsisten melakukan pengendalian COVID-19," ujarnya.

Perpanjangan PPKM kali ini untuk wilayah Pulau Jawa - Bali melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (InMendagri) No. 16 Tahun 2022, dan untuk wilayah Non Jawa - Bali melalui InMendagri No.17 Tahun 2022. Melalui kebijakan tersebut, saat ini terdapat 2 kabupaten/kota yang berada di level 4. Yaitu Kota Magelang di Jawa Tengah dan Kota Madiun di Jawa Timur.


Jakarta, 15 Maret 2022


Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional

[ISTA/ACU/YOY]

Info Penting