Vaksin
[SALAH] “#StopVaccineForTheKids Apa urgensinya?”

Memanfaatkan momen vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak. Faktanya, video yang dibagikan TIDAK berkaitan dengan vaksinasi COVID-19. Peristiwa tahun 2017, berkaitan dengan Imunisasi Rubella.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konteks yang Salah.

SUMBER: Twitter, https://archive.md/COHPD (arsip cadangan).

NARASI: “#StopVaccineForTheKids
Apa urgensinya?

Melihat adik ini sangat ketakutan menghindari utk di vaksin, ada rasa geram pada kebijakan pemerintah.

Mereka generasi penerus langgengnya Republik ini yg harus dilindungi. Bukan manusia impor dari China yang tidak punya jiwa negeri ini”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis dan Disinformasi oleh First Draft, termasuk “Konteks yang Salah: Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah” [1].

SUMBER membagikan video rekaman peristiwa yang terjadi pada tahun 2017 berkaitan dengan Imunisasi Rubella memanfaatkan momen vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak, sehingga membangun kesimpulan KELIRU.

Verifikasi Video

Salah satu foto dengan frame video yang identik, detikHealth pada 16 Agustus 2017: “Sebuah video viral di media sosial menunjukkan apa yang terjadi ketika seorang guru pria berusaha membujuk murid perempuan yang tidak mau diimunisasi.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google – News, kata kunci: “selangkangan guru imunisasi 2017” [3]

Hasil pencarian Google – News, kata kunci: “vaksin covid anak” [4]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] health.detik.com: “Foto: Ekspresi Guru Ditendang Selangkangannya Saat Bujuk Murid Imunisasi”, https://bit.ly/3IHU3Sd / https://archive.md/rqnzr (arsip cadangan).

[3] google.com, https://bit.ly/3G2nxbx / https://bit.ly/3FWc9OB (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/33Kkw2M / https://bit.ly/3KUTRB0 (arsip cadangan).

Info Penting