[SALAH] Atlet Tenis Dalila Jakupovic Mengalami Kesulitan Bernapas saat Babak Kualifikasi Australia Open karena Vaksin Covid-19 | Covid19.go.id
Vaksin
[SALAH] Atlet Tenis Dalila Jakupovic Mengalami Kesulitan Bernapas saat Babak Kualifikasi Australia Open karena Vaksin Covid-19

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini.

Bukan insiden yang disebabkan karena vaksin Covid-19, melainkan karena kualitas udara di Australia yang buruk sebagai dampak dari kebakaran hutan besar yang melanda Australia pada bulan Juni 2019 hingga Mei 2020.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/VgJE2

= = = = =

NARASI:

(diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia)

“AUSTRALIA OPEN

Dalila Jakupovic merasa ketakutan dan mundur dari babak kualifikasi Austalia Open setelah mengalami”batuk” tanpa henti

Pemain asal Inggris Liam Broady yang mengalami kekalahan juga mengatakan bahwa ia merasa “sulit bernapas”.

Pemain asal Australia Bernard Tomic
meminta jeda istirahat dengan alasan medis karena mengalami kesulitan bernapas.

DUNIA OLAHRAGA SEDANG DALAM KESULITAN.
SETELAH VAKSINASI COVID SECARA MELUAS, banyak atlet yang muda dan sehat, mengalami permasalahan serius
SATU-SATUNYA KESAMAAN YANG DIMILIKI”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Ant On Ella” (https://www.facebook.com/antonella.inno.9) mengunggah sebuah video yang menunjukkan atlet tenis asal Slovenia, Dalila Jakupovic mengalami kesulitan bernapas di tengah pertandingan. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa insiden tersebut terjadi pada saat babak kualifikasi Australia Open dan disebabkan oleh vaksin Covid-19 yang telah diterima oleh Jakupovic.

Berdasarkan hasil penelusuran, insiden tersebut tidak terjadi pada saat Australia Open yang disebabkan karena vaksin Covid-19, melainkan karena kualitas udara di Australia yang buruk sebagai dampak dari kebakaran hutan besar yang melanda Australia pada bulan Juni 2019 hingga Mei 2020. Insiden tersebut terjadi pada acara Australian Open 2020 lalu. Video serupa telah diunggah oleh kanal YouTube “Guardian Sport” pada 14 Januari 2020 lalu dengan judul video “Australian Open player collapses on court as bushfire smoke covers Melbourne”.

Melansir dari CBS Sports, selama pelaksanaan babak kualifikasi Australia Open 2020, Otoritas Perlindungan Lingkungan Victoria mengklasifikasikan kualitas udara di Melbourne sebagai “berbahaya” dan mengimbau masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Ant On Ella” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=2ywn9kYo2n0

https://www.cbssports.com/tennis/news/australian-open-2020-slovenian-dalila-jakupovic-forced-to-withdraw-from-qualifying-match-due-to-air-quality/

https://www.nytimes.com/interactive/2020/01/03/climate/australia-fires-air.html

Penulis: Khairunnisa Andini
Editor: Bentang Febrylian

Info Penting