Konten Berguna
Apa yang Perlu Dilakukan ketika Anda Sakit

Seseorang yang terinfeksi virus, akan menunjukkan beberapa gejala di bawah dan umumnya masa inkubasi COVID-19 diperkirakan berkisar dari 1 hingga 14 hari, umumnya sekitar 5 hari.

Gejala umumnya sebagai berikut:

  • demam
  • rasa lelah
  • batuk kering

Sebagian besar orang hanya akan mengalami gejala ringan, namun pada kasus-kasus yang tertentu, infeksi dapat menyebabkan pnemonia dan kesulitan bernapas. Pada sebagian kecil kasus, infeksi virus corona bisa berakibat fatal. Orang lanjut usia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, gangguan jantung atau diabetes kemungkinan mengalami sakit lebih serius.

Karena gejala-gejalanya mirip flu biasa, maka perlu dilakukan tes untuk memastikan apakah seseorang terinfeksi virus corona. Tes tersedia di rumah-rumah sakit rujukan bagi orang yang mengalami gejala-gejala atas dasar perintah dokter.

Apabila anda atau ada anggota keluarga yang mengalami sakit, lakukanah beberapa langkah berikut:

icon rumah sakit

Cari pertolongan pada sarana kesehatan dan ikuti perintah tenaga kesehatan.

icon kamar mandi

Bila diminta rawat di rumah dan Anda mampu, penderita ditempatkan pada ruang terpisah yang memiliki akses ke kamar mandi.

icon pria memakai masker

Penderita tersebut diharuskan memakai masker dan menghindari kontak dengan anggota keluarga lainnya dan tidak boleh meninggalkan rumah kecuali berobat.

icon peralatan bersih-bersih

Secara teratur bersihkan permukaan benda-benda atau bagian-bagian di rumah yang sering disentuh tangan dengan disinfektan termasuk kamar mandi yang digunakan penderita yang tengah diisolasi setiap selesai digunakan.

icon koper dicoret

Hindari tempat umum (tempat kerja, sekolah, transportasi umum) untuk mencegah penyebaran.

Info Penting